Kamis, 20 Juni 2013

Cinta itu kata Benda atau kata Kerja???

oleh MTA


*) ditulis untuk anniversary kami yang ke-13. Astagaa..13 tahun bersamamu, gak kerasaaa.. Seperti baru kemarin aku ngelamarmu, babe.
Love youuu, Kajoolll....hahaha.

Pernikahan kata orang seperti gunung, dari jauh indah, dari dekat ancur. Hahaha..Tapi aku rasa itu persoalan metafora belaka. Sama seperti hal-hal lain dalam hidup ini.

Jika kita mengandaikan hidup ini penuh persaingan, maka jadilah demikian : hidup (dan TUHAN) seolah demikian miskin, sehingga segalanya harus diperebutkan. Maka cepat atau lambat, otak kita akan dibuat sinting oleh berbagai intrik..hahaha

Jika kita mengibaratkan setiap pertemanan hanya atas nama kepentingan, maka tergenapilah hal itu. Pikiran kita akan menarik teman-teman seperti itu pula.

Demikian juga jika kita menyamakan pernikahan kita dengan bulan...ya gitu deh..jadi berat diongkos..wong kerjaannya Bumi-Bulan PP!

Mereka yang mempelajari hypnotheraphy, tentu tidak asing dengan istilah berikut : RAS Reticular Activating System. Sebuah mekanisme yang menurut Anthony Robbin, disebut mirip peluru kendali. Faktanya peluru kendali mengadopsi sistem RAS manusia. Secara singkat dapat dipahami demikian...ketika pikiran kita tertuju ke sesuatu (focus), lalu meyakininya (lock)..maka peristiwa-peristiwa akan menkorfirmasi hal tersebut. Terlepas itu valid atau tidak menurut orang lain. Stephen Covey menyebutnya dengan istilah berbeda Self Fulfilling Propechy.. dan Alkitab menyebutkannya dengan cara lain : "Jadilah kepadamu menurut imanmu!"

Hati-hati menggunakan metafora atau analogi kehidupan, karena tanpa disadari itu akan mengaktifkan "peluru kendali" Anda!

btw..soal metafora pernikahan..mengapa bukan anggur? Kalaupun terpaksa memilih sebuah metafora, maka aku akan tergoda memilih : anggur. Ya..anggur minuman. Siapapun tahu semakin lama, anggur semakin mantafff...hehehehe..

Uniknya..kita sering lupa..bahwa "Cinta" itu kata kerja, dan BUKAN kata "benda".

Jadi sangat keliru..ketika kita me-metafora-kan cinta dengan gunung, bulan, bunga, berlian, emas... termasuk anggur. hahaha...

Karena "cinta" adalah kata kerja, seorang konglomerat kaya raya pernah berkata demikian kepadaku. "apa yang terbaik yang bisa dibuat seorang ayah kepada anak-anaknya? setia dan mencintai ibu mereka dengan sehebat-hebatnya. Lalu apa hal terbaik yang bisa dibuat seorang suami kepada istrinya, mencintainya..habis-habisan..".

(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar