Rabu, 18 April 2012

Satu-satunya Foto ‘Goblok’ yang di-SENSOR Bob Sadino


Ada perbedaan argumen ketika foto ‘goblok’ itu kuusulkan untuk ikut dimasukkan ke dalam buku Belajar Goblok dari Bob Sadino. Menurutku foto yang kujepret langsung dari jari Bob Sadino secara candid itu luar biasa match dengan soul buku tersebut. Ada dua alasan utamanya

Pertama, sama-sama ‘goblok’!

Kedua, sangat cocok menggambarkan “Belenggu Pikiran” salah satu topik penting dalam buku tersebut. Betapa simbol jari itu ditafsirkan negatif oleh kebanyakan orang (demi menghindari menyebutkan kata : semua orang).

Penerbit setuju, namun Om Bob tidak.

“Jangan dengerin Si Made Gila, dia khan seniman..hahaha!”, ujar Om Bob setengah berseloroh.

Alhasil, foto itupun dilengserkan.

Tapi secara gemblung..eh maaf maksudku gamblang, demikianlah belenggu pikiran bekerja. Pikiran yang terlanjur terkontaminasi, cendrung enggan diubah oleh pemiliknya. (sebuah bukti nyata bahwa kita adalah mahluk yang tidak terlalu suka berubah). Dan pikiran itu kemudian memenjarakan kita sedemikian rupa, bahkan sepanjang hidup.

Persis seperti Hans Bablinger ketika karena arah angin yang keliru ia bersama sayap-sayap yang ia buat menukik tajam dari atas bukit lalu nyusruk di lembah. Percobaan terbang yang memalukan. “Manusia memang tidak ditakdirkan untuk bisa terbang!”, kata Sang Uskup dihadapan Raja. Ia memproklamirkan sesuatu yang sangat mungkin kita anggap lelucon jika dikumandangkan hari ini. Sayangnya Hans percaya, lalu menyimpan sayap-sayapnya yang patah di ruang bawah tanah, dan akhirnya meninggal dunia bersamanya.

“Aku ya begini ini, terima apa adanya. Mau syukur gak mau terserah!” kalimat klise di dunia pernikahan dan per-pacaran ini dapat juga dianggap merupakan sebuah bentuk belenggu pikiran.

Kita hanya akan melihat, apa yang mau kita lihat. Kita akan menarik hal-hal yang dominan menguasai bawah sadar kita. Dan hasilnya pengalaman-pengalaman yang akan kita peroleh, sebagian besar akan identik dengan itu semua. Dengan kata lain, bukan peristiwa yang kita alami yang terjadi, namun arti yang kita lekatkan atas peristiwa itulah yang paling penting.

Dalam arti luas...

Jika kita percaya hidup berat, maka hal-hal berat akan senantiasa menghiasi hari-hari kita, sepanjang hayat dikandung badan.

Namun jika kita melihat hidup adalah anugrah yang harus disyukuri, maka setiap hari keindahan hidup akan membuka pintunya untuk kita.

Jika kita percaya sebuah target itu mustahil, maka kemustahilan itu akan mewujud.

Entah kita percaya kita mampu atau tidak, itu..hampir selalu akan benar adanya.

Apakah itu negatif atau positif, semuanya saling memperkuat.

Tidak heran jika salah seorang pujangga besar dari Timur Tengah sana, dalam sebuah doa dan syiar pernah memohon dengan amat sangat kepada Sang Pencipta: “Siapakah yang mengetahui kesesatan? Bebaskanlah aku dari yang tidak kusadari”

Kembali ke persoalan foto dan jari Om Bob yang sebenarnya adalah simbol keperkasaan Bima (salah satu tokoh pewayangan yang sakti mandraguna) yang terlanjur di-cabulkan oleh masyarakat kita.

Bayangkan seandainya saja foto itu jadi dimasukkan. Aku rasa ada dua kemungkinan yang bakal terjadi.

Pertama, foto itu akan menjadi salah satu ikon unik yang akan menjadi tools marketing “Words of Mouth” yang ampuh.

Kedua, Om Bob diprotes kementrian agama dan kediamannya disatroni FPI! (khan selalu diperlukan pengorbanan untuk sebuah cita-cita..hehehe)

Namun keduanya -kemungkinan besar- akan bermuara di satu titik, buku yang ditulis oleh sahabatku Dodi Mwardi itu, akan jadi best of the best seller. (*)


# Commercial Photography #
http://companyprofile.multiply.com
http://withbobsadino.multiply.com

# Wedding Special Photography #
Pernikahan Agung Puteri Sri Sultan Hamengku Buwono X
GRAJ Nurkamnari Dewi & Jun Prasetyo MBA
http://nurkamnaridewi.multiply.com

# Prewedding Photography #
http://theanonymouslove.multiply.com/
http://loveforallseasons.multiply.com/
http://outdoorprewedding.multiply.com
http://prewedding.multiply.com
http://prewedding1.multiply.com
http://prewedding2.multiply.com
http://prewedding3.multiply.com

# Wedding Photography #
http://candidwedding.multiply.com
http://weddingcandid.multiply.com

3 komentar:

  1. seharusnya dimasukkan aja ini foto dan bakal jadi hal kecil yg bawa kemenangan besar buat menghapus belenggu pikiran yg kadung jadi rayap buat kreatifitas banyak orang..

    BalasHapus
  2. izin copas ke blog saya ya pak, biar lbh tersebarluaskan. suwun.

    BalasHapus